Raja Jay Shima dari Kalingga, Pangeran Rakeyan Sancang dari Tarumanegara, Raja Sri Indravarman dari Sriwijaya Jambi, Muallaf dari Nusantara berkat Dakwah Peradaban Khilafah Islam

Voa-Khilafah.com - Ada beberapa hal penting yang bertautan positif antara Kerajaan Kalingga yang bercorakkan Hindu Siwais dengan dunia Peradaban Islam, yaitu dalam sejarah Islam pada tahun 30 Hijriyah atau 651 M. Khalifah Utsman bin Affan pernah mengirimkan utusannya ke Daratan Cina dengan misi mengenalkan Islam. Saat itu hanya berselang 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW dan utusan tersebut sebelum sampai tujuan bersinggah dulu di Nusantara.

Pada masa pemerintahan Utsman bin Affan (644-657 M) juga pernah mengutus delegasinya bernama Muawiyah bin Abu Sufyan pernah mengirimkan utusannya ke tanah Jawa yaitu ke Jepara (pada saat itu namanya Kalingga). Hasil kunjungan duta Islam ini adalah raja Jay Shima, putra Ratu Shima dari Kalingga masuk Islam.

Kemudian kalangan bangsawan Jawa yang memeluk Islam adalah Rakeyan Sancang, seorang Pangeran dari Tarumanegara. Rakeyan Sancang hidup pada masa kekhalifahan Ali bin Abi Thalib (656-661 M). Rakeyan Sancang diceritakan pernah turut serta membantu Imam Ali dalam pertempuran menalukkan Cyprus, Tripoli dan Afrika Utara, serta ikut membangun kekuasaan Muslim di Iran, Afghanistan dan Sind (644-650 M).

Kemudian yang tercatat dalam sejarah raja Sriwijaya yang masuk Islam adalah Sri Indravarman. Setelah kerusuhan Kanton meletus, dimana banyak imigran muslim Cina masuk ke wilayah Sriwijaya yang terjadi pada masa khalifah Umar bin Abdul Aziz (Dinasti Umayyah). [Voa-Khilafah.com]

Sumber: Wikipedia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers