Ketua Partai Salafy Ucapkan Selamat untuk Qibthy di Hari Raya


Voa-Khilafah.co.cc--Dr. Adil Abdu Al Maqsud  Afifi selaku Ketua Partai Al Ashalah, yang berbasis masa komunitas Salafiyah menyatakan bahwa ia mengucapkan selamat kepada para penganut Koptik Mesir untuk hari raya mereka, demikian lansir Al Yaum As Sabi’ pada 26/12/11 lalu.

Adil menyatakan,”Saya memiliki banyak teman dari kalangan Qibti, baik saat ini maupun teman  lama, demikian juga para tetangga saya. Kami dengan mereka memiliki hubungan kuat dan kami saling memberi ucapan selamat di hari-hari raya dan acara-acara. Saya akan memberi ucapan selamat di kesempatan-kesempatan itu secara pribadi.”

Namun, Adil menolak mengucapkan selamat secara resmi untuk pihak gereja, karena menurutnya, mereka tidak mencegah para tokoh Qibthi yang meminta dukungan Amerika, Eropa dan Israel untuk melawan umat Islam Mesir. Mereka diminta untuk intervensi agar Mesir bebas dari umat Islam.

Pernyataan ini berbeda pernyataan Adil pada hari Ahad sebelumnya, bahwa pihaknya menolak untuk mengirim kartu ucapan selamat kepada pihak Qibthy, yang juga dilansir oleh Al Yaum As Sabi’.

Adapun Yusri Hammad juru bicara Hizb An Nur, partai politik yang juga berbasis masa komunitas Salafy enggan berkomentar mengenai masalah ini,”Masalah ini menyangkut masalah sektarian, dan kami tidak akan berbicara tentangnya.”

Dan apa yang dipilih oleh Dr. Adil Abdu Al Maqsud Afifi ini bertentangan dengan pendapat yang dianut mayoritas komunitas ini, bahwa mengucapkan selamat hari raya kepada ahlu dzimmah adalah perkara yang terlarang, merujuk kepada pendapat Ibnu Qayyim bahwa membari selamat untuk hari-hari raya mereka merupakan perkara haram.

Sebagaimana diketahui partai Al Ashalah adalah partai yang berbasis masa para pengikut Syeikh Muhammad Abdu Al Maqsud, salah satu tokoh Salafy Mesir. Dalam situs resminya, alasalah.org, disebutkan bahwa Syeikh Muhammad Hassan juga merupakan salah satu pendukung partai ini.*hid/voa-khilafah.co.cc

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers