Info: Hilal Telah Terlihat di Cakung

Voa-Khilafah.co.cc - Pemerintah masih menunggu hasil pemantauan tinggi hilal sebelum menentukan jatuhnya 1 Syawal 1432 Hijriah sebagai Hari Raya Idul Fitri. Setidaknya ada 95 titik lokasi di seluruh Indonesia untuk melihat apakah sudah terbentuk bulan baru atau belum.

Seperti dikutip dari tvOne, berdasarkan pemantauan hilal di Cakung, Jakarta Timur diketahui bahwa hilal sudah terlihat. Bahkan, bulan baru disebut sudah terlihat sejak pukul 17.40.

Adapun, pemantauan di Cakung menyebut ketinggian bulan baru mencapai 3,5 derajat. Ketinggian itu dilihat oleh tiga orang yang melalui proses sumpah.

Sedangkan, pemantauan serupa juga dilakukan di Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur. Namun, pemantauan di Lamongan tersebut belum melihat adanya bulan baru.

Saat ini, Kementerian Agama sendiri masih melakukan sidang isbat belum menentukan jatuhnya 1 Syawal 1432 H.

HTI Kemungkinan Lebaran Besok

Sementara itu, jubir Hizbut Tahrir Indonesia, Ismail Yusanto, dalam pesan singkatnya ke Eramuslim.com menyatakan akan berhari raya esok hari, selasa, 30 Agustus 2011.

"Besar kemungkinan besok, tapi kepastiannya menunggu rukyat global yang akan diunggah di situs www.hizbut-tahrir.or.id selepas tengah malam nanti"

Sementara ini sebagian umat muslim, seperti Muhammadiyyah akan melaksanakan hari ied besok, selasa, 30 Agustus 2011.

Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah karena melihat hilal dan berbukalah karena melihat hilal. Jika hilal itu tertutup dari penglihatan kalian maka sempurnakanlah jumlah hari bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari." (pz, eramuslim/voa-khilafah.co.cc)


Artikel Terkait:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers