¤ Setelah Berbuka, Jangan Lakukan Ini ¤

Voa-Khilafah.co.cc - Berbagai masalah pencernaan sering timbul ketika menjalankan puasa, dari perut kembung, sakit maag hingga masalah lainnya. Sebenarnya bukan karena puasa, tapi aktivitas setelah mengisi perut yang sering menjadi penyebabnya. Kebanyakan orang tidak memerhatikan hal ini karena sepertinya telah menjadi kebiasaan dan aman-aman saja, namun beberapa aktivitas remeh ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan. Akibatnya, berbagai gangguan seperti perut melilit, perut kembung hingga susah buang air besar menjadi kendala aktivitas Anda.

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah berbuka atau sahur.

1. Minum teh
Hmm.. nikmat sekali setelah seharian berpuasa, kemudian Anda menutup acara berbuka dengan minum teh hangat. Namun kandungan asam dalam teh akan mengganggu pencernaan protein dan membuat rasa tidak nyaman pada perut.

2. Makan buah
Buah sering dipilih sebagai pencuci mulut karena efektif menghilangkan aroma dan sisa-sisa makanan di rongga mulut. Nyatanya, makan buah segera setelah makan menyebabkan perut kembung dengan udara dan menyebabkan rasa sakit pada perut.

3. Merokok
Sama dengan buah, beberapa orang memilih rokok sebagai pencuci mulut setelah makan, apalagi setelah menahan diri selama satu hari penuh. Para peneliti menemukan kebiasaan merokok setelah makan menyebabkan kerusakan jaringan dan selanjutnya bisa mengakibatkan kanker.

4. Melonggarkan ikat pinggang
Perut kekenyangan membuat Anda ingin melonggarkan ikat pinggang setelah makan, namun ini justru bisa mengganggu dan menghambat pencernaan pada perut.

5. Mandi
Setelah bedug berbunyi, tanpa menunggu lagi Anda langsung berbuka dan setelah itu mandi untuk bersiap ke aktivitas berikutnya. Mandi setelah makan menyebabkan aliran darah meningkat ke permukaan kulit sehingga sistem pencernaan menjadi kurang efektif.

6. Tidur
Saat tidur, pencernaan tidak tercerna dengan baik, dan ini menyebabkan gangguan lambung dan juga infeksi pada sistem pencernaan. Akibatnya Anda bisa mengalami kegemukan dengan mudah, dan bahkan bisa terkena kanker usus.

7. Banyak berjalan Langsung tidur setelah makan memang tidak baik, tapi langsung berjalan cepat dan berlari juga tidak baik untuk pencernaan. Sistem pencernaan tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik ketika Anda langsung berjalan atau berlari, bahkan bisa mengakibatkan radang usus buntu. (wo/miw/kapanlagi/Voa-Khilafah.co.cc)

2 komentar

bnyak yg tdak akurat, penelitian sering kali hasilnya bertentangan satu dg lainnya..

Silakan tambahkan dengan yang lebih akurat. Jazakallah khoir

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers